Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Panduan Praktis Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( PROLANIS )

Berbagi info Asuransi kali ini ingin berbagi hal yang sangat bermanfaat sekali, yaitu Panduan Praktis Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( PROLANIS ).
Bagaiamana uraiannya yuk kita simak bersama - sama

I Definisi


PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.


II Tujuan


Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator
75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

III Sasaran

Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi)

IV Bentuk Pelaksanaan

Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan. 

V Penanggungjawab 

Penanggungjawab adalah Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan Primer. 

VI Langkah Pelaksanaan 

Persiapan pelaksanaan PROLANIS:
1. Melakukan identifikasi data peserta sasaran berdasarkan: 
a. Hasil Skrining Riwayat Kesehatan dan atau 
b. Hasil Diagnosa DM dan HT (pada Faskes Tingkat Pertama maupun RS) 

2. Menentukan target sasaran 

3. Melakukan pemetaan Faskes Dokter Keluarga/ Puskesmas berdasarkan distribusi target sasaran peserta 

4. Menyelenggarakan sosialisasi Prolanis kepada Faskes Pengelola 

5. Melakukan pemetaan jejaring Faskes Pengelola (Apotek, Laboratorium)
 
6. Permintaan pernyataan kesediaan jejaring Faskes untuk melayani peserta PROLANIS 

7. Melakukan sosialisasi PROLANIS kepada peserta (instansi, pertemuan kelompok pasien kronis di RS, dan lain-lain) 

8. Penawaran kesediaan terhadap peserta penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi untuk bergabung dalam PROLANIS 

9. Melakukan verifikasi terhadap kesesuaian data diagnosa dengan form kesediaan yang diberikan oleh calon peserta Prolanis 

10.Mendistribusikan buku pemantauan status kesehatan kepada peserta terdaftar PROLANIS

11.Melakukan rekapitulasi data peserta terdaftar 

12.Melakukan entri data peserta dan pemberian flag peserta PROLANIS 

13.Melakukan distribusi data peserta Prolanis sesuai Faskes Pengelola 

14.Bersama dengan Faskes melakukan rekapitulasi data pemeriksaan status kesehatan peserta, meliputi pemeriksaan GDP, GDPP, Tekanan Darah, IMT, HbA1C. Bagi peserta yang belum pernah dilakukan pemeriksaan, harus segera dilakukan pemeriksaan 

15.Melakukan rekapitulasi data hasil pencatatan status kesehatan awal peserta per Faskes Pengelola (data merupakan luaran Aplikasi P-Care) 

16.Melakukan Monitoring aktifitas PROLANIS pada masing-masing Faskes Pengelola: 
a. Menerima laporan aktifitas PROLANIS dari Faskes Pengelola 
b. Menganalisa data 

17.Menyusun umpan balik kinerja Faskes PROLANIS 

18.Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/ Kantor Pusat.



Aktifitas PROLANIS 

1. Konsultasi Medis 

Peserta Prolanis : jadwal konsultasi disepakati bersama antara peserta dengan Faskes Pengelola 


2. Edukasi Kelompok Peserta Prolanis 

Definisi : Edukasi Klub Risti (Klub Prolanis) adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta PROLANIS 

Sasaran : Terbentuknya kelompok peserta (Klub) PROLANIS minimal 1 Faskes Pengelola 1 Klub. Pengelompokan diutamakan berdasarkan kondisi kesehatan Peserta dan kebutuhan edukasi. Langkah - langkah: a. Mendorong Faskes Pengelola melakukan identifikasi peserta terdaftar sesuai tingkat severitas penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi yang disandang.

b. Memfasilitasi koordinasi antara Faskes Pengelola dengan Organisasi Profesi/Dokter Spesialis diwilayahnya 

c. Memfasilitasi penyusunan kepengurusan dalam Klub 

d. Memfasilitasi penyusunan kriteria Duta PROLANIS yang berasal dari peserta. Duta PROLANIS bertindak sebagai motivator dalam kelompok Prolanis (membantu Faskes Pengelola melakukan proses edukasi bagi anggota Klub) 

e. Memfasilitasi penyusunan jadwal dan rencana aktifitas Klub minimal 3 bulan pertama 

f. Melakukan Monitoring aktifitas edukasi pada masing-masing Faskes Pengelola: 1) Menerima laporan aktifitas edukasi dari Faskes Pengelola 2) Menganalisis data 

g. Menyusun umpan balik kinerja Faskes PROLANIS 

h. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/Kantor Pusat dengan tembusan kepada Organisasi Profesi terkait diwilayahnya

3. Reminder melalui SMS Gateway 

Definisi : Reminder adalah kegiatan untuk memotivasi peserta untuk melakukan kunjungan rutin kepada Faskes Pengelola melalui pengingatan jadwal konsultasi ke Faskes Pengelola tersebut 
Sasaran : Tersampaikannya reminder jadwal konsultasi peserta ke masing-masing Faskes Pengelola 

Langkah – langkah: 
a. Melakukan rekapitulasi nomor Handphone peserta PROLANIS/Keluarga peserta per masing-masing Faskes Pengelola 

b. Entri data nomor handphone kedalam aplikasi SMS Gateway 

c. Melakukan rekapitulasi data kunjungan per peserta per Faskes Pengelola 

d. Entri data jadwal kunjungan per peserta per Faskes Pengelola 

e. Melakukan monitoring aktifitas reminder (melakukan rekapitulasi jumlah peserta yang telah mendapat reminder)

f. Melakukan analisa data berdasarkan jumlah peserta yang mendapat reminder dengan jumlah kunjungan 

g. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/Kantor Pusat

4. Home Visit 

Definisi : Home Visit adalah kegiatan pelayanan kunjungan ke rumah Peserta PROLANIS untuk pemberian informasi/edukasi kesehatan diri dan lingkungan bagi peserta PROLANIS dan keluarga 

Sasaran: 
Peserta PROLANIS dengan kriteria : 
a. Peserta baru terdaftar 
b. Peserta tidak hadir terapi di Dokter Praktek Perorangan/Klinik/Puskesmas 3 bulan berturutturut 
c. Peserta dengan GDP/GDPP di bawah standar 3 bulan berturut-turut (PPDM) 
d. Peserta dengan Tekanan Darah tidak terkontrol 3 bulan berturut-turut (PPHT) 
e. Peserta pasca opname

Langkah – langkah: 
a. Melakukan identifikasi sasaran peserta yang perlu dilakukan Home Visit 
b. Memfasilitasi Faskes Pengelola untuk menetapkan waktu kunjungan 
c. Bila diperlukan, dilakukan pendampingan pelaksanaan Home Visit 
d. Melakukan administrasi Home Visit kepada Faskes Pengelola dengan berkas sebagai berikut: 1) Formulir Home Visit yang mendapat tanda tangan Peserta/Keluarga peserta yang dikunjungi 2) Lembar tindak lanjut dari Home Visit/lembar anjuran Faskes Pengelola 
e. Melakukan monitoring aktifitas Home Visit (melakukan rekapitulasi jumlah peserta yang telah mendapat Home Visit) 
f. Melakukan analisa data berdasarkan jumlah peserta yang mendapat Home Visit dengan jumlah peningkatan angka kunjungan dan status kesehatan peserta 
g. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/Kantor Pusat

VII Hal-Hal Yang Perlu Mendapat Perhatian


1. Pengisian formulir kesediaan bergabung dalam PROLANIS oleh calon peserta PROLANIS. Peserta PROLANIS harus sudah mendapat penjelasan tentang program dan telah menyatakan kesediaannya untuk bergabung. 
2. Validasi kesesuaian diagnosa medis calon peserta. Peserta PROLANIS adalah peserta BPJS yang dinyatakan telah terdiagnosa DM Tipe 2 dan atau Hipertensi oleh Dokter Spesialis di Faskes Tingkat Lanjutan. 
3. Peserta yang telah terdaftar dalam PROLANIS harus dilakukan proses entri data dan pemberian flag peserta didalam aplikasi Kepesertaan. Demikian pula dengan Peserta yang keluar dari program.
4. Pencatatan dan pelaporan menggunakan aplikasi Pelayanan Primer (P-Care)


Demikian informasi Panduan Praktis Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( PROLANIS ).
Mudah - mudahan bermanfaat.